Minggu, 09 Desember 2012

Cara Memperbaiki Microphone

Disini Tyotriks mau posting lagi nih kali ini tentang bagaimana cara memperbaiki microphone yang rusak, anda yang suka n hoby karaoke pasti tau kan apa itu microphone.. pasti tau lah? itu loh yang digunakan sebagai pengubah sinyal suara menjadi sinyal elekromagnet sebelum masuk ke pengeras suara atau speaker, ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya.. saya sering memperbaiki microphone di masjid rumah saya tinggal yaitu di kalikatir rt01, rw 01, gemantar, selogiri, wonogiri. Di masjid kampung saya punya mic banyak dan karena rusak para pengurus masjid sering membelikan yang baru tanpa mempertimbangkan atau memperbaiki mic yang rusak dan diganti itu, sebenarnya cara memperbaikinya sangat mudah, biasanya kerusakan terjadi pada kabenya, ada yang terkelupas dan kabel dalamnya ada yang putus, karena pada dasarnya kabel yang digunakan pada microphone adalah sensitive dan mudah putus oleh karena itu saat sering digunakan oleh anak2, remaja kabelnya terputus tanpa sepengetahuan kita , berikut cara memperbaiki microphone yang rusak
  1. Cek Kabel Powernya, apakah memang tidak ada gangguan atau tidak
  2. Buka micnya tepatnya pada bagian atas yang biasa digunakan menempel pada bibir kita(bulatanya). bisa dibuka dengan obeng atau bisa dicopot langsumg.
  3. Cek serat kabelnya apakah masih baik atau tidak., nah basanya kerusakannya disini, ada yang terkelupas, copot.
  4. Anda bisa menyoldernya dengan tenol, perlu diperhatikan dalam penyolderannya harus bagus dan terlekat dengan keras, karena kabel ini menentukan kualitas output suara anda, jika tidak lengket akan mengakibatkan suaranya kemresek tidak jelas
  5. Perhatikan juga pemasangan positif dan negatifnya jangan sampai terbalik.
Sekain artikel tentang Cara Memperbaiki Microphone dari saya , semoga bermanfaat terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar