Jumat, 19 April 2013

Artikel Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan

  trik photoshop
Dewasa ini, komputer telah mengalami fungsi yang luas dalam banyak bidang kehidupan manusia. Hampir semua elemen sosial baik itu dalam sebuah organisasi swasta / negeri, dari kantor pemerintah pusat sampai kelurahan semua pekerjaan telah melibatkan komputer sebagai alat bantu utama. Tak hanya itu, dalam sekup yang lebih kecilpun ( keluarga ) kini telah ada sebuah komputer di rumah mereka. Untuk beberapa keluarga terkadang malah memiliki lebih dari satu, tentu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang produktif dan kemampuan finansial mereka. Bahkan untuk remaja yang telah duduk di bangku SMU atau masuk kuliah, mungkin menjadi hal wajib untuk memiliki alat ini. Semua itu sangat mungkin terjadi karena kini harga sebuah PC (Portable Computer) atau populer disebut komputer rumahan, tidak semahal beberapa tahun yang lalu. Dengan membawa uang Rp 750.000,- anda sudah bisa membawa pulang sebuah PC Second yang telah siap pakai dengan catatan fitur & kemampuan yang minim. Meski PC sering dianggap inferior dengan Laptop namun hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan, toh disini kita hanya mencari spesifikasi komputer sesuai kebutuhan saja kan? Sebut saja cukup mampu untuk menulis dokumen dan menyimpan data. Lebih jauh, untuk informasi tentang harga ini kita bisa mencari di surat kabar atau mengunjungi situs yang memuat artikel teknologi komputer terbaru lewat internet.
Teknologi pendidikan adalah suatu disiplin /bidang (field of study)
    Istilah teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan
    Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah o Untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan o Untuk meningkatkan kinerja ;
    Dalam mewujudkan tersebut menggunakan pendekatan sistemi (pendekatan yag holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial);
    Kawasan teknologi pendidikan dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan , pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
    Teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di persekolahan tapi juga dalam semua aktifitas manusia (seperti perusahaan, keluarga , organisasi masyarakat, dll) sejauh berkaitan dengan upaya memcahkan masalah belajar dan peningkatan kinerja.
    Yang dimaksud dengan teknologi disini adalah teknologi dalam arti yang luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi lunak (softtech).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar