Kamis, 04 April 2013

Perbedaan Kualitas Warna RGB dan CMYK

Asalamualaikum, bagaimana kabr sobat hari ini? sehat kan? Alhamdulillah, Kali ini tyotriks.blogspot.com akan membagikan artkel mengenai Perbedaan Kualitas Warna RGB dan CMYK, Nah tahukah sobat mengenai  RGB dan CMYK ? Biasanya sobat mengetahui setelah atau sering menggunakan Corel Draw.

Perbedaan RGB dan CMYKDidalam dunia desain dan percetakan, hal ini sangat penting sekali unuk diketahui. Pasalnya Diakibatkan dari kurangnya pengetahuan desainer terhadap konsep dasar dan teori warna yaitu dalam konteks artikel ini adalah RGB dan CMYK. RGB dan CMYK merupakan tipe warna yang berbeda. Perbedaan inilah yang kemudian menyebabkan seringnya terjadi kesalahan atau hasil yang tidak diinginkan dari warna akhir melalui proses cetak yang dilakukan desainer atau bukan.
Sumber : http://tyotriks.blogspot.com/2013/04/perbedaan-kualitas-warna-rgb-dan-cmyk.html | Kumpulan Artikel Bermanfaat Buat Sobat2.
Nah disini akan saya urai secara singkat mengenai Perbedaan Kualitas Warna RGB dan CMYK :
1.Warna RGB adalah model warna additive yang betujuan untuk penginderaan dan presentasi wana pada alat elektronik digital seperti komputer , televisi dan fotografi.  R Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).
Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. dan RGB digunakan ketika desain kita unntuk di simpan di media digital tanpa di cetak.
 
2. Warna CMYK adalah Warna yang biasa digunkan ketika desain kita untuk di cetak/ printing. CMYK Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna cmyk seimbang dengan warna dengan latar belakang putih seperti kertas. Berikut Diagram Warna RGB dan CMYK
Perbedaan RGB dan CMYK
Warna RGB sangat cocok sekali digunakan dalam alat elektronik digital, sehingga apabila igin di cetak/print maka harus di konversi ke tipe warna CMYK.Nah Berikut Beberapa software/aplikasi untuk desain grafis biasanya mengizinkan kita untuk bekerja dengan memilih antara dua model warna (RGB atau CMYK) walaupun dalam beberapa hal, seperti beberapa fungsi dari photoshop tidak akan aktif jika kita bekerja dalam model warna CMYK. Pemilihan model warna biasanya akan tampil ketika kita membuka dokumen baru. Namun, apabila sudah terlanjur bekerja di salah satu model warna dan kita ingin menggantinya, kita bisa menkonversi kembali model warna tersebut. Cara Konversi Warna dari RGB ke CMYK di beberapa software aplikasi desain grafis : 

A) Adobe Photoshop
Pada menu bar pilih: Image > Mode > CMYK 

B)Adobe Illustrator
Pada menu bar pilih: File > Document color mode > CMYK color 

C)CorelDRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK.
D)Microsoft Publisher 2003-2007
Pilih Tools > Commercial Printing Tools > Color Printing, pilih Process Colors (CMYK) 

E)Adobe Indesign
Pilih Window > Swatches dan Window > Color. klik ganda color di Swatches dan ganti color mode ke CMYK dan color type ke Process.


Sekian artikel dari tyotriks.blogspot.com mengenai Perbedaan Kualitas Warna RGB dan CMYK, Semoga bermanfaat ya sob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar