Sabtu, 20 April 2013

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

kecepatan blog
Asalamualaikum, kali ini tyotriks akan membagikan sedikit trik tentang bagaimana Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog ? Ngeblog ? Ngeblog merupakan hobi terbaru saya, akhir2 ini saya sangat sering sekali ngeblog, di kos saya ada speddy jadi koneksi internet gak sulit, tinggal colokin kabel langsung deh konek ke internet, biasa coy buat ngerjain tugas kuliah. Sekalian buat belajar juga buat ngeblog, siapa tahu pengunjungnya banyak dan bisa di monetize blognya jadi pundi2 dollar buat bayar kuliah.


Mengetahui kecepatan load atau kecepatan mengakses blog menjadi sangat penting bagi sebagian blogger. Tidak hanya dari kecepatan provider internet saja yang penting, tetapi ketika Anda akan membuka sebuah blog tentu yang pertama dirasakan adalah kecepatan akses blog nya. Apalagi jika Anda akan membuka sebuah halaman blog yang berisi informasi yang Anda inginkan, tentu akan sangat menyebalkan jika blog itu sangat lama untuk dibuka. Bukannya Anda mendapatkan informasi yang diinginkan dari blog itu, tetapi mungkin Anda akan segera meng-close blog itu karena terlalu lama menunggu halaman blog itu terbuka.

Biasanya sebuah blog itu sangat susah diakses karena terlalu banyak java script, konten flash, ataupun gambar dengan ukuran yang sangat besar. Saya tidak terlalu serius dengan SEO, tetapi mungkin bagi sebagian blogger kecepatan dalam mengakses laman blog menjadi sangat penting dalam mengoptimalkan SEO blog. Kali ini Anda bisa mencoba mengetes kecepatan blog Anda melalui Google Developers, situs pengembangan web dari Google.

    Bagaimana cara mengetes kecepatan loading blog?

    Silakan Anda masuk ke link PageSpeed Check
    Lalu masukan alamat blog Anda di bagian bawah "Make your web ..." dan klik analyze
    Tunggu beberapa saat dan akan muncul seperti tampilan di bawah ini. Anda akan mendapatkan skor untuk kecepatan akses/load blog Anda.

Anda bisa melihat score untuk blog Anda di sana. Di bagian pinggir kiri terdapat saran dari google developers untuk blog Anda, agar Anda bisa memaksimalkan kecepatan loading blog, dan meminimalkan hal-hal yang mengganggu kecepatan blog. Silakan Anda cek satu per satu mana yang bisa dilakukan dan didahulukan. Mungkin seperti pengoptimalan size gambar menjadi ukuran yang lebih kecil seperti rata-rata 20kb :)

Tampilan di atas merupakan score untuk akses melalui desktop, jika Anda ingin mengetahui skor melalui mobile phone tinggal klik tombol Mobile. Terimakasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar